Friday, September 21, 2018

Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Memulai Usaha Baru

Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Memulai Usaha Baru - Banyak orang yang akhirnya tidak melanjutkan bisnisnya lantaran takut gagal. Sebenarnya rasa takut ketika memulai usaha baru sangat normal. Banyak yang berfikir usahanya akan bangkrut atau tidak berjalan baik, padahal belum memulainya. Padahal jika anda melakukannya secara terarah dan terencana dengan baik, rasa takut tersebut seharusnya tidak muncul. Selain memotivasi diri sendiri anda juga mesti mengetahui cara lain dalam mengatasi rasa takut tersebut.

Mengatasi Rasa Takut Saat Memulai Usaha Baru
Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Memulai Usaha Baru

Sebelum memulai usaha anda wajib melakukan riset terlebih dulu. Riset ini bertujuan memberikan gambaran tentang pangsa pasar, trend yang sedang booming, hingga tingkat persaiangan bisnis tersebut. jika riset sudah dijalankan secara baik anda akan memiliki rasa tenang karena menjalankan bisnis menjadi lebih terarah. Selain itu banyak lagi faktor yang bisa membantu anda mengatasi rasa takut ketika memulai usaha baru, yang akan diulas lebih lengkap berikut ini.

Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Memulai Usaha Baru

1. Memiliki rencana yang jelas
Ketika ingin memulai usaha baru, semuanya mesti terencana secara jelas. anda mesti menyiapkan bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut, rincian modal, pangsa pasar hingga strategi marketing yang akan dijalankan. Jika rencana tertulis jelas bisnis anda akan terarah. Selain itu dengan rencana yang jelas anda juga bisa membangun rasa percaya diri untuk menaklukan rasa takut akan kegagalan.

2. Memulai bisnis ketika masih bekerja
Salah satu cara termudah mengatasi ketakutan akan hal ini adalah memulainya selagi anda masih nekerja. Sebab jika bisnis anda gagal setidaknya anda masih memiliki sumber penghasilan yang akan menolong anda. memang berbisnis sembari bekerja memerlukan pembagian waktu yang ekstra. Namun kerja keras anda akan terbayar jika anda berhasil memulai bisnis selagi masih bekerja. Bisa jadi bisnis sampingan anda ini bisa berkembang menjadi bisnis utama.

3. Lakukan riset
Cobalah melakukan riset pasar untuk memastikan peluang yang ada. Pelajari segmen pasar yang akan anda bidik. Jika segmen pasar termasuk langka maka anda wajib mempersiapkan berbagai strategi marketing yang tepat. Riset sangat perlu untuk melengkapi bussines plan anda. anda akan tahu dimana anda harus menjual barang, dan kepada siapa barang tersebut ditujukan.

baca juga : Peluang bisnis properti yang menguntungkan

4. Siapkan backup plan
Rencana yang jelas akan memberikan gambaran yang jelas pula kemana arah bisnis anda. memang hal ini akan mengikis rasa takut ketika memulai usaha baru. Akan tetapi anda tidak bisa terpaku pada satu rencana saja. siapkan rencana cadangan jika rencana utama tidak berjalan baik. persiapkan segalanya secara baik untuk mengantisipasi terjadinya kerugian. Dengan rencana cadangan anda tidak perlu takut lagi untuk memulai usaha.

Selain keempat cara diatas, anda juga wajib memiliki sifat optimis dan percaya diri dalam menjalankan usaha. Sifat tersebut sangat baik untuk mengurangi rasa takut ketika memulai bisnis baru.

Disqus Codes
  • To write a bold letter please use or
  • To write a italic letter please use or
  • To write a underline letter please use
  • To write a strikethrought letter please use
  • To write HTML code, please use or
    or

    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Berlangganan Artikel Gratis