Jenis Tanaman Yang Cocok Dijadikan Usaha

Jenis Tanaman Yang Cocok Dijadikan Usaha - Usaha tanaman masih menjadi usaha yang memiliki prospek bagus. terlebih kondisi tanah Indonesia yang subur dan sumber airnya yang melimpah, membuat usaha tanaman sangat prospektif dijalankan. Pangsa pasar untuk jenis ini memang khusus. Apalagi jika anda memilih usaha tanaman hias. Akan tetapi keuntungan yang didapat sangat besar, jika anda tepat sasaran dan juga tepat strategi dalam menjalankan bisnis ini. Anda tidak perlu bingung menentukan jenis tanaman yang cocok untuk usaha.

Yang perlu dilakukan adalah melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari riset lahan, ketersediaan air, permintaan pasar hingga perhitungan modal. Jika semuanya telah dilakukan anda bisa dengan mudah memilih jenis tanaman yang prospektif untuk dijadikan usaha. Jenis tanaman tersebut antara lain: tanaman hias, tanaman souvernir, tanaman buah dan sayur, dll. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk jenis tanaman yang cocok untuk dijadikan usaha.

Beberapa Jenis Tanaman Yang Cocok Dijadikan Usaha

1. Tanaman souvenir


tanaman souvenir

Jenis tanaman ini adalah tanaman yang kerap dijadikan pajangan atau koleksi. Selain itu banyak pula yang menjadikannya sebagai kenang-kenangan untuk acara tertentu. Misalnya seminar, pernikahan, dll. Bentuk tanaman souvenir ini kecil sehingga bisa dibungkus secara menarik. Contoh yang termasuk tanaman souvenir adalah kaktus, anthurium, aneka jenis bunga kecil, dll. Walaupun bentuknya kecil, jenis tanaman ini mampu memberikan keuntungan berlipat.

2. Tanaman hias


tanaman hias

Banyak yang menyamakan tanaman hias dan souvernir. Memang sekilas sama, namun sebenarnya berbeda. Tanaman hias lebih mahal harganya daripada tanaman souvernir. Selain itu fungsi tanaman ini untuk koleksi atau menghiasi taman. Harga tanaman hias memang sangat mahal sebanding dengan kecantikannya. Selain itu untuk berbisinis tanaman hias, anda perlu peka terhadap trend yang sedang berlaku. Bisnis tanaman ini memang mengikuti trend yang ada agar bisa bertahan. baca juga : tips sukses bisnis sewa tanaman hias

3. Tanaman sayuran


tanaman sayuran

Tanaman sayuran termasuk jenis tanaman pangan. Banyak sekali contoh sayuran yang bisa anda tanam. Jika memiliki lahan luas dan sumber air yang cukup, bisnis ini sangat tepat anda buka. Untuk memilih jenis sayuran yang tepat anda perlu melakukan riset pasar terlebih dulu. Misalnya jika wortel memiliki prospek yang menarik, anda bisa membudidayakan wortel. Hal ini juga berlaku untuk jenis sayuran lainnya.

4. Tanaman buah-buahan


tanaman buah-buahan

Sama seperti sayuran, buah-buahan juga memiliki prospek yang tinggi. Pangsa pasarnya sangat luas. memang banyak buah-buahan impor yang masuk pasar Indonesia. Namun anda tidak perlu khawatir karena buah lokal masih memiliki peminat cukup banyak. Lakukan riset terlebih dulu mulai dari kondisi tanah, kesiapan pengairan hingga pangsa pasar yang sesuai. Setelah itu anda bisa menentukan jenis buah yang akan ditanam.

Demikian beberapa jenis tanaman yang cocok dijadikan usaha. Semoga bermanfaat menambah referensi dalam membuka usaha yang menjanjikan.


Penelusuran yang terkait dengan Jenis Tanaman Yang Cocok Dijadikan Usaha

bisnis tanaman buah
bisnis kebun buah
budidaya perkebunan yang paling menguntungkan
budidaya pertanian yang paling menguntungkan
usaha pertanian dan peternakan
bisnis pertanian modal kecil
contoh usaha di bidang pertanian
peluang usaha perkebunan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel