Contoh Usaha Ternak Hewan Yang Cocok

Contoh Usaha Ternak Hewan Yang Cocok - Usaha ternak memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Kebutuhan daging hewani masyarakat Indonesia memang sangat besar, terlebih banyak restoran yang memerlukan daging hewani seperti ayam, sapi, kambing untuk bahan baku masakan mereka. Peluang besar ini tentu saja sangat cocok anda manfaatkan untuk membuka usaha ternak hewan. Namun untuk memilih jenis hewan ternak yang cocok, anda mesti menyesuaikannya dengan ketersediaan lahan dan pakan yang ada.

Contoh Usaha Ternak Hewan Yang Cocok
Contoh Usaha Ternak Hewan Yang Cocok

Karena bisnis ini akan berjalan baik jika kondisi lahan untuk kandang ternak dan pakannya terjamin. Masing-masing hewan ternak memiliki karakteristik dan kebutuhan pakan yang berbeda. Misalnya jika membuka ternak kambing, anda mesti memastikan ketersediaan rumput yang cukup. Selain itu banyak faktor lain yang mesti diperhatikan untuk membuka usaha ternak ini. berikut beberapa contoh usaha ternak hewan yang cocok anda jadikan sebagai peluang usaha ternak.

Contoh Usaha Ternak Hewan Yang Cocok

1. Ternak Ayam 
Hampir semua masyarakat Indonesia gemar mengkonsumsi daging ayam. Selain itu ayam juga banyak digunakan untuk berbagai bahan baku makanan. Maka dari itu peluang besar ini cocok anda manfaatkan. Memang membuka ternak ayam memerlukan modal yang cukup besar. namun keuntungan yang didapat juga sama besarnya. Selain ayam petelur dan pedaging, anda juga bisa melirik jenis ayam jawa, arab, kalkun, dsb.

2. Ternak Bebek
Ternak bebek juga cocok menjadi pilihan anda. terutama jika anda memiliki lahan luas dan pangsa pasarnya mendukung, sangat disarankan untuk beternak bebek. Usaha ini sangat menguntungkan karena daging dan telur bebek sama-sama memiliki peluang laku besar. sebelum memulai bisnis ini anda wajib tahu seluk beluk memelihara bebek, pakan, hingga perawatan kandangnya secara baik.

3. Ternak Kambing 
Kambing banyak dicari untuk acara-acara besar. seperti pernikahan, khitanan, aqiqah, hingga idhul adha. Selain itu daging kambing juga banyak dicari oleh pengusaha warung makan kambing. Untuk memangkas modal, anda bisa membuka bisnis ternak ini dari kambing yang masih kecil kemudian dirawat hingga besar. namun untuk membuka ternak ini, pastikan ketersediaan rumput untuk pakan kambing cukup dan mudah dicari disekitar anda.

4. Ternak Sapi 
Selain kambing, ternak sapi juga menjadi peluang usaha ternak yang cocok. Terlebih jika kondisi tempat hingga ketersediaan pakan sapi melimpah. sapi yang bisa diternakan terdiri dari dua jenis yaitu sapi perah dan sapi pedaging. Usaha ternak sapi memang memerlukan lahan yang luas dan ketersediaan air yang cukup. Anda juga perlu ilmu yang cukup untuk menjalakan usaha ini sehingga sapi terawat secara baik.

baca juga : Jenis Tanaman Yang Cocok Dijadikan Usaha

5. Ternak Lele 
Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan paling laris untuk saat ini. ternak lele juga termasuk yang paling mudah. untuk ternak lele, tidak perlu perhatian khusus seperti ternak lainnya. Lele bisa bertahan hidup disegala situasi. Bahkan untuk air yang keruh, lele masih bisa bertahan dengan baik. permintaan pasar untuk daging lele juga terbilang besar, sehingga menjadi peluang usaha yang tepat untuk dijalankan.

Demikian beberapa contoh jenis usaha ternak yang cocok untuk anda jalankan. Sesuaikan dengan minat dan kondisi lahan yang anda miliki.

Penelusuran yang terkait dengan Contoh Usaha Ternak Hewan Yang Cocok

usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil
ternak hewan langka
ternak menguntungkan di lahan sempit
usaha ternak yang menjanjikan di masa depan
ternak paling cepat
bisnis budidaya unik
ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat
ternak yang menguntungkan saat ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel